CARA MENDAFTAR JALUR UM-PTKIN

UMPTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.
Pembiayaan penyelenggaraan UMPTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Bagi peserta yang lulus UMPTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Pendaftaran/Pembayaran dibuka mulai hari

Jumat, 1 Mei 2020 | 07:00 WIB
s / d
Selasa, 30 Juni 2020 | 23:59 WIB

Tata Cara Pendaftaran :

  1. Siswa mengunjungi web site http://um-ptkin.ac.id
  2. Siswa mendaftar dan mengisi formulir secara lengkap, kemudian mencetak SIP.
  3. Lakukan pembayaran pendaftaran. Bank yang digunakan adalah BNI dan tata cara pembayaran sudah dijelaskan pada lembar SIP.
  4. Jangan lupa untuk menyiapkan data Jumlah Mata Pelajaran dan Total Nilai untuk Kelas X (semester 1 dan 2) serta Kelas XI (semester 1)
  5. Setelah membayar silahkan buka kembali laman http://um-ptkin.ac.id, dan login menggunakan akun yang tertera pada SIP (akun telah aktif karena sudah dibayar sebelumnya).
  6. Setelah login berhasil silahkan upload pas foto resmi, memilih Perguruan Tinggi serta Program Studi dan lokasi ujian.
  7. Lakukan FINALISASI dan cetak kartu ujian, jika finalisasi telah dilakukan maka data telah final serta tidak bisa diubah lagi.
  8. Info terkait Jadwal Ujian tertera pada kartu ujian.
  9. Jangan lupa untuk melakukan survei lokasi ujian 1 (satu) hari sebelum ujian untuk memastikan lokasi serta ruang ujian.
  10. Ujian menggunakan CBT (computer base test)

Gallery Pendaftaran UM

Demikian proses pendaftaran UM-PTKIN secara garis besar.

Silahkan download panduan lengkap berikut ini