FAQ (frequently asked questions) atau pertanyaan yang paling banyak ditanyakan seputar heregistrasi mahasiwa baru IAIN Kendari

Akun standar untuk login ke sia setelah membayar UKT Semester 1?

user menggunakan NIM anda dan Passwordnya dirilis oleh panitia infonya

Kapan mengisi formulir?

Hanya dapat diisi oleh mahasiswa bersangkutan yang dinyatakan lulus dan telah membayar UKT semester I.

Adapun proses pengisian dilakukan secara online pada LAMAN SIA IAIN Kendari (https://sia.iainkendari.ac.id) yang terdiri dari identitas pribadi, data orang tua, data Sekolah dan Pas Foto.

Berapa Besaran UKT Mahasiswa Baru ?

Besaran UKT setiap angkatan berbeda dan akan dirilis setiap tahun memasuki tahun ajaran baru. Silahkan menyesuaikan jumlah UKT pada tahun angkatan anda pada link berikut ini :
https://spmb.iainkendari.ac.id/index.php/category/ukt/

Bisa tidak membayar lewat bank lain, selain Bank BRI Syariah?

Bisa sekali, pembayaran Maba juga bisa dilakukan lewat TELLER/ ATM bank lain (Selain BRI Syariah) :

caranya mudah, Jika melalui Teller/ Mobile Banking selain BRI Syariah cukup lakukan transfer Antar Bank, pilih transfer ke Bank BRI SYARIAH, NoRekening tujuan formatnya 880161+IDPENDAFTARAN, contoh jika ID Pendaftaran anda adalah 99999999 maka No. Rekening tujuan : 88016199999999

dan jika melalui ATM Selain BRI Syariah maka lakukan transfer antar bank, masukan kode BRI Syariah 422+880161+IDPENDAFTARAN. contoh jika ID Pendaftaran anda adalah 99999999 maka No. Rekening tujuan : 42288016199999999

jangan lupa pastikan bahwa transaksi berhasil, dengan mengecek kembali cetak bukti transaksi terakhir, berkonsultasi dengan teller atau mengecek sisa saldo anda.

Detail tata cara pembayaran dapat dilihat disini (Klik Disini)

Apakah Ada Kemungkinan NIM Tidak Muncul di SIA Padahal Telah Dilakukan Pembayaran UKT Semester I?

Bisa jadi, hal ini dikarenakan hal teknis terkait jaringan, server atau hal lain.

Solusinya :

Jika status nya Sukses atau Sedang Proses tapi dalam waktu 15-30 menit NIM anda tidak tampil juga maka silahkan cek kembali saldo anda, kemungkinan besar transfer gagal dan nilai transaksi yang keluar akan kembali ke rekening anda. Setelah itu lakukan kembali transfer ke nomor rekening yang sama

Apakah Setelah Membayar UKT Ada Batas Waktu Pengisian Data Identitas Pada SIA IAIN Kendari?

Tidak terbatas waktunya, tapi sangat direkomendasikan untuk segera dilengkapi sebelum memasuki pelaksanaan kegiatan PBAK (Pengenalan Budaya Akademik) IAIN Kendari.

Apa tanda kalau sudah berhasil lakukan Registrasi Mahasiswa Baru?

Jika yang bersangkutan telah selesai membayarar UKT Semester I, kemudian Mendapatkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan telah mengisi dengan lengkap formulir Online pada laman SIA IAIN Kendari (https://sia.iainkendari.ac.id) yang terdiri dari Identitas Pribadi, Data Orang Tua, Data Sekolah serta Mengupload Pas Foto

Apakah benar isian No. KTP, tempat dan tanggal lahir harus sesuai di KTP atau Ijazah ? serta apakah penting No. HP harus diisi dengan benar?

Iya benar, mohon agar no.ktp valid dan sesuai di KTP, begitu juga tempat/ tanggal lahir. Jika di KTP/ Ijazah tertulis Kendari maka di SIA tempat lahir juga Kendari dan tidak boleh Kota Kendari, misal pada ijazah lahir di Ranomeeto ternyata di SIA terinput Kab. Konawe Selatan ini juga salah karena seharusnya terinput Ranomeeto.

Kenapa No.Hp wajib diisi dengan benar? Agar kampus bisa dengan mudan melakukan koordinasi dengan mahasiswa bersangkutan, perlu kami sampaikan bahwa data No. KTP dan No.Hp tidak terpublish secara detail pada lama SIA.

Seluruh data harus valid karena data ini akan diupload ke pddikti Kemendikbud.

Pada isian Data Sekolah terdapat isian Nilai, bagaimana jika nilai belum keluar?

Nilai ini merupakan Total Nilai akhir siswa di sekolah, Jika nilai belum keluar cukup isi dengan nilai 0, hingga dikemudian hari nilainya keluar maka harap dilakukan update data sekolah kembali khususnya pada kolom Nilai

Jika telah selesai membayar UKT Semester I, Bagaimana cara mengetahui NIM kita?

Jika telah selesai membayar UKT Semester I, maka untuk mengetahui NIM silahkan kunjungi website SIA IAIN Kendari (https://sia.iainkendari.ac.id), kemudian cari Heregistrasi Mahasiswa Baru, Silahkan Klik Tahun Berjalan sesuai tahun masuk, Daftar akan muncul berurutan berdasarkan Nama.

Lama waktu yang perlukan antara system host to host Bri Syariah dan SIA IAIN Kendari untuk membuat Nim secara otomatis paling lama 5-10 menit setelah melakukan pembayaran.

Jika 15-30 menit sudah membayar tapi NIM belum juga tampil silahkan cek kembali saldo anda, kemungkinan terjadi gagal transaksi. Jika benar gagal transaksi dan saldo kembali maka lakukan kembali transfer ke nomor rekening yang sama

Bagaimana dengan mengupload Ijazah/ SKHU/ SKL tapi belum keluar?

Untuk permasalahan ini harap data yang diupload sesuai kondisi yang sebenarnya. Jika Ijazah belum keluar maka harap Upload SKHU/ SKL dan jika SKHU/ SKL juga belum keluar maka silahkan kosongkan (kondisional menunggu hingga Ijazah/ SKHU/ SKL terbit.)

Mohon tetap untuk mengupload ijazah jika pada kemudian hari Ijazah yang bersangkutan telah terbit.

Pada data identitas terlihat tahun masuk 20201, apa maksudnya?

Tahun akademik pada perguruan tinggi IAIN Kendari memiliki dua semester, yaitu Ganjil = 1 dan Genap = 2 adapun format tahun akademik adalah Tahun+Semester.

Jika tahun masuk 20201 maka itu berarti masuk pasa tahun 2020 Semester Ganjil dan jika masuk tahun 20202 maka itu berarti Tahun 2020 Semester Genap dan seterusnya 20211, 20212, 20221, 20222 …

Bagaimana dengan beasiswa Bidik Misi?

Mulai tahun 2020 beasiswa Bidik Misi akan diganti dengan KIP, proses nya akan dilaksanakan setelah masa perkuliahan berjalan (awal semester I). Info menyusul melalui website atau media sosial IAIN Kendari

Apakah ada beasiswa lain selain Bidik Misi/KIP di IAIN Kendari?

Insya allah ada, mulai dari beasiswa prestasi, beasiswa BI, beasiswa BRIS, beasiswa Koltim, Beasiswa Bombana, beasiswa Tahfidz Al-Qur’an dan lain lain yang prosesnya dilaksanakan setelah perkuliahan berlangsung.

Apakah bisa mengganti password login di SIA untuk mahasiswa?

Bisa dan sangat direkomendasikan untuk diganti, caranya login terlebih dahulu di SIA IAIN Kendari, kemudian pilih menu Data Identitas, Pilih submenu 9. Password Login.

Pada form password login silahkan masukan password lama, kemudian ketik password baru yang sama pada 2 isian password baru setelah itu simpan (gunakan password baru yang mudah diingat)

Mohon untuk mengisi email yang benar, karena SIA IAIN Kendari segera menambahkan fitur lupa password yang akan dikirimkan ke email mahasiswa bersangkutan.

Bagaimana dengan PBAK atau Pengenalan Budaya Akademik?

PBAK adalah pengenalan budaya akademik yang akan dilaksanakan oleh Panitia PBAK teridiri dari Pejabat IAIN Kendari, Dosen, Administrasi dan Mahasiswa Pengurus lembaga IAIN Kendari.

Kegiatan ini bertujuan mengenalkan IAIN Kendari kepada mahasiswa baru terkait IAIN Kendari secara spesifik.

Informasi terkait PBAK akan disampaikan lebih lanjut oleh Panitia PBAK yang akan diinformasikan melalui website atau sosial media resmi IAIN Kendari

Apakah Benar Mahasiswa Baru Direkomendasikan Memiliki Baju Almamater dan Asuransi?

Iyah benar, Sangat direkomendasikan seorang mahasiswa untuk memiliki baju almamater dan asuransi. Perlu diketahui bahwa baju almamater selalu digunakan saat ada kegiatan di dalam atau luar kampus IAIN Kendari baik itu PBAK, Seminar, KKN, Praktek Kerja Lapangan dan lain sebagainya.

Terkait hal ini silahkan menghubungi Pengelola Koperasi IAIN Kendari atau melalui SMS, WA pada nomor 08114097679

Apa itu KRS?

KRS adalah Kartu Rencana Studi umumnya berisi Matakuliah, Dosen dan Jadwal yang akan dikuliahkan, kartu ini akan didapatkan oleh mahasiswa ketika yang bersangkutan sudah melakukan penawaran di semester sebelumnya. Untuk semester I pada umumnya dibeberapa Fakultas KRS mahasiswa bersifat PAKETAN dan otomatis masuk ke akun masing-masing mahasiswa baru.

Kapan itu Paket KRS semester I terisi? Pada umumnya KRS semester I (Paket) terisi setelah roster semester ganjil terbit, bisa jadi menjelang pembukaan kuliah.

Dimana KRS bisa di akses ? Silahkan login pakai akun masing-masing dan buka menu KRS/KHS pada baris Semester Klik tombol Detail dan pilih Cetak KRS

Jika ada pertanyaan lain terkait Mahasiswa Baru bertanya kepada siapa?

Silahkan datang ke Humas atau Bagian Akademik Kemahasiswaan Rektorat IAIN Kendari Jalan Sultan Qaimuddin No.17 Baruga Kota Kendari Sulawesi Tenggara atau menghubungi no.hp via Sms atau Whatsapp 085241540246, 08114005006, 081280271001, 085331019999, 085241857643, 08124120021